Header Ads

test

Pembuatan Kartu Kuning Bisa Dikecamatan

RENGASDENGKLOK, DIZTV-Tahun 2014 Pihak Kecamatan di seluruh Kabupaten Karawang dapat melayani masyrakat dalam hal pembuatan Kartu Kuning yang biasa dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Pelimpahan wewenang tersebut sesuai dengan Perbup Karawang no. 23 tahun 2013. Dalam pelaksanaan secara teknisnya setiap Kecamatan akan diberikan dana sebesar Rp25 juta untuk modal awal sarana dan prasarana.

Hal tersebut diungkapkan oleh Camat Rengasdengklok Drs. Asep Wahyu ketika ditemui DIZTV diruang kerjanya, ia mengatakan, untuk saat ini pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (Kartu Kuning) sudah bisa dibuat diseluruh kantor kecamatan se-Kabupaten Karawang, salah satunya di Kecamatan Rengasdengklok. "Kalau dulu mau membuat kartu kuning harus ke disnaker, tetapi sekarang dikecamatan juga sudah bisa membuat kartu kuning tersebut,"ungkap Camat Asep, kepada DIZTV, jumat (27/6).


Dikatakannya, pencanangan pelayanan kartu kuning sudah direncanakan pada januari 2014 lalu, akan tetapi baru dilauncingkan bulan ini. Perpindahan pelayanan tersebut menurut Camat berdasarkan Perbup no 23 tahun 2013 tentang pelimpahan wewenang. Meski pelayanan kartu kuning tersebut dipindahkan ke Kecamatan, namun pihak Disnaker tetap melayani permintaan kartu kuning tersebut. "Di kecamatan hanya untuk kepanjangan tangan saja," jelasnya.

Perpindahan tersebut dilakukan untuk memudahkan warga yang tinggal di daerah-daerah untuk mendapatkan kartu kuning sehingga mereka tak harus pergi ke Disnakertrans yang jaraknya jauh dari tempat tinggal mereka. "Prinsip publik, enggak mungkin Perpindahan tersebut telah disepakati oleh seluruh pihak kecamatan pada rapat sebelumnya yang telah dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2013. "Itu sudah disepakati, dan masyrakat juga tidak diminta pungutan biaya pada saat meminta kartu kuning tersebut," tuturnya.

Ditempat yang sama sekertaris camat (Sekcam) Jaya Pasha, sos juga menegaskan, untuk pelayanan kartukuning hari ini sudah mulai bisa dilakukan. Namun sejumlah masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui pembuatan kartu kuning sudah mulai bisa dikecamatan. "Namun diperkirakan pembuatan kartu kuning ini secara normalnya akan dimulai pada senin mendatang, pasalnya sejumlah pasilitas untuk menunjang pembuatan kartiukuning tersebut baru dikirim kemarin,"terang Jaya Pasha.(izr)

No comments